Pengantar Pediatrik Oftalmologi & Strabismus

 

Pediatrik Oftalmologi adalah salah satu cabang ilmu kesehatan mata yang mempelajari tentang perkembangan fungsi penglihatan dan kesehatan mata anak. Gangguan kesehatan mata pada anak dapat terjadi sejak lahir, masa bayi, usia pra sekolah dan usia sekolah. Risiko kelainan mata pada anak dapat terjadi sejak saat dalam kandungan sampai masa kanak kanak. Apabila seorang ibu hamil terinfeksi dengan virus Rubella dapat melahirkan bayi dengan katarak yang umumnya disertai dengan kelainan jantung dan ketulian. Infeksi toksoplasma atau sitomegalovirus juga dapat menyebabkan seorang bayi terlahir dengan infeksi pada retina matanya yang disebut korioretinitis yang mungkin juga dapat disertai atau tidak disertai dengan kelainan organik lainnya. Kelainan mata lain yang juga banyak ditemukan adalah kelainan mata yang diturunkan secara genetik. Tumor mata anak juga seringkali ditemukan baik yang sifatnya jinak maupun ganas diantaranya retinoblastoma yang bila tidak didiagnosis dini tidak hanya mengancam penglihatan namun juga dapat berakibat pada kematian.

 

 

Survey Kepuasan

Visi dan Misi

Visi

Menjadi Rumah Sakit Mata Rujukan Nasional yang berstandar internasional di bidang pelayanan, pendidikan dan penelitian kesehatan mata pada tahun 2019.

 

Misi

1. Memberikan pelayanan kesehatan mata yang paripurna sesuai dengan standar dunia yang berorientasi pada kepuasan bagi seluruh lapisan masyarakat, terjangkau, merata, dan berkeadilan.

2. Memberikan peluang dan lingkungan yang kondusif untuk penyelenggaraan pendidikan kesehatan mata yang inovatif.

3. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan serta penapisan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan mata.

4. Melaksanakan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat dalam upaya pemeliharaan dan peningkatan kesehatan mata.

5. Meningkatkan upaya kemitraan secara global.

6. Meningkatkan profesionalisme pegawai

 

TI & SIRS 2018 © Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. All Rights Reserved.