Kenali Melanoma Mata PDF Cetak E-mail

APAKAH MELANOMA BISA MENYERANG MATA

Banyak orang yang bingung kenapa melanoma bisa menyerang mata? Melanoma lebih sering dikenal oleh orang awam sebagai keganasan di kulit. Namun melanoma ini bisa menyerang organ mata. Melanoma berkembang dari sel melanosit. Sel tersebut yang mengandung pigmen warna hitam (melanin) yang mendefinisikan pewarnaan pada organ kulit. Melanosit ini tidak hanya untuk kulit, melanosit juga ditemukan pada rambut, mata, dan lapisan dari beberapa organ. Melanoma ini terutama pada orang dewasa muda. Menduduki peringkat kedua setelah melanoma pada kulit.

 

APA SAJA JENIS-JENISNYA?

Melanoma pada mata terbagi menjadi beberapa jenis yaitu:

  1. Palpebra (Kelopak mata) atas atau bawah
  2. Conjunctiva (selaput bening mata)
  3. Iris (pemberi warna bola mata)
  4. Cilliary bodies (pembentuk cairan bola mata)
  5. Choroid (lapisan tengah dari bola mata)

GEJALANYA YANG SERING DITIMBULKAN APA SAJA?

Kanker mata ini jarang menimbulkan gejala-gejala spesifik pada stadium awal karena letaknya yang lebih sering di dalam bola mata (iris, badan siliaris, atau koroid). Ini menyebabkan kanker mata melanoma sulit terdeteksi pada stadium awal, dan biasanya ditemukan tanpa sengaja pada saat pemeriksaan mata rutin.Namun pada saat jaringan kanker membesar, pasien mengeluhkan adanya berkas-berkas kehitaman pada conjunctiva atau iris yang semakin lama semakin membesar dan akan akan menyebabkan :

  • Perubahan bentuk pada pupil,
  • Penglihatan kabur,
  • Penurunan kemampuan penglihatan,
  • Pembengkakan pada salah satu mata,
  • Benjolan pada kelopak atau bola mata yang makin membesar.

PENYEBAB MELANOMA
Kanker mata melanoma disebabkan oleh perubahan atau mutasi BRAF Sekitar 30-50% dan NRAS mutasi sekitar 20% pada sel melanosit mata yang mengakibatkan pertumbuhan sel tidak terkendali.

FAKTOR RISIKO MELANOMA

  • Warna kulit putih
  • Paparan sinar matahari dan ultraviolet
  • Bertambahnya usia
  • Orang yang memiliki Warna mata terang (biru, hijau)
  • Kelainan kulit turunan yaitu dengan adanya mutasi DNA

 

DIAGNOSIS MELANOMA

Karena melanoma seringkali bersifat asimtomatik (tanpa gejala) sehingga perlu dilakukan pemeriksaan mendetail untuk memastikan adanya kanker yaitu dengan pemeriksaan mata, USG mata, angiografi mata, biopsi operasi.

PENGOBATAN

Tumor mata yang berukuran kecil biasanya diatasi dengan laser. Namun apabila ukuran besar maka mata beserta jaringan penyangganya harus diangkat. Apabila massa tumr dan mata tidak diangkat bisa mengakibatkan menyebar ke rongga mata (orbita) dan ke organ lainnya, misalnya pembuluh darah. Tumor yang tumbuh cepat dan mengalami penyebar dapat mengancam jiwa dan mengakibatkan kematian. Bila tumor tersebut telah mengalami penyebaran maka dilakukan kemoterapi. (oleh : dr Raudatul Jannah, Sp.PA,  Lab Patologi Anatomi PMN RS Mata Cicendo)

 

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.