Jelajah Negeri Operasi Katarak di Subang Jawa Barat PDF Cetak E-mail

02 Oktober 2018 Tim Oftalmologi Komunitas PMN RS Mata bergerak ke Kabupaten Subang Jawa Barat untuk membantu dan melakukan upaya nyata bagi masyarakat disana agar dapat melihat lebih baik melalui Bakti Sosial Operasi Katarak yang bekerja sama dengan pihak-pihak terkait.

Hasil survey kebutaan yang dapat dicegah yang dilakukan di Jawa Barat pada tahun 2014 mendapatkan prevalensi kebutaan pada populasi yang berusia 50 tahun keatas sebesar 2,8%. Katarak menyebabkan kebutaan sebesar 71,7%.

Dengan menggunakan data tersebut dapat dihitung besarnya kebutaan di Indonesia akibat katarak sebesar 752.850 orang. Sedangkan di Jawa Barat sebesar 140.021 orang.

Rehabilitasi visual untuk mengatasi kebutaan akibat katarak dilakukan dengan tindakan operasi yang bertujuan untuk mengangkat katarak dan menanam lensa di dalam mata.Untuk menghilangkan kebutaan di Jawa Barat maka dalam 1 tahun harus dilakukan operasi minimal 80% dari perkiraan jumlah orang yang mengalami kebutaan akibat katarak.Cakupan operasi katarak di Jawa Barat menurut hasil survey RAAB baru mencapai 40%.

Untuk mengurangi backlog katarak yang masih terjadi maka jumlah operasi harus ditingkatkan. Seluruh masyarakat harus mendapatkan akses terhadap operasi, termasuk bagi orang yang tidak mampu. Untuk membantu masyarakat yang tidak mampu maka PMN RS Mata Cicendo Bandung melalui Instalasi Oftamologi Komunitas (OFKOM) melaksanakan program bakti sosial (baksos) operasi katarak. Program ini merupakan kemitraan dengan pihak lain.

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.