+62 22 4231280  +62811 2001 005

Pentingnya Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut Penelitian Kesehatan

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Setiap rumah sakit yg digunakan sebagai tempat penelitian terutama Rumah Sakit Pendidikan seperti PMN RS Mata Cicendo diharapkan memiliki Komisi Etik Penelitian Kesehatan (KEPK). Untuk itu dalam rangka mempersiapkan seluruh perangkat pendukung, mulai 7 Mei 2018 dilaksanakan Pelatihan Etik Dasar dan Lanjut Penelitian Kesehatan sebagai langkah awal dalam pembentukan KEPK tersebut yang bekerja sama dengan Komisi Etik Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Nasional (KEPPKN), Kementerian Kesehatan RI.

Seperti yang disampaikan Komisi Nasional Etik Penelitian Kesehatan melalui situs http://www.knepk.litbang.depkes.go.id/knepk/ menyatakan Masalah etika merupakan masalah yang makin mendapat perhatian di dunia. Lebih dari disiplin keilmuan lain, penelitian dan pelayanan kesehatan secara langsung berhadapan dengan kepentingan kemanusiaan. Tidak mengherankan bahwa masalah etika penelitian menjadi masalah yang makin mengemuka dewasa ini. Sejalan dengan hal ini, perhatian dunia juga makin besar dalam proteksi Hak Azasi Manusia, termasuk dalam hal perlindungan subyek penelitian.

Penelitian Kesehatan yang mengikutsertakan subyek manusia harus memperhatikan aspek etik dalam kaitan menaruh hormat atas martabat manusia. Secara hukum hal ini telah tersurat dalam PP 39/1995 tentang penelitian dan pengembangan kesehatan. Menurut PP tersebut, pelaksanaan penelitian dan pengembangan kesehatan wajib dilakukan dengan memperhatikan kesehatan dan keselamatan jiwa manusia, keluarga dan masyarakat yang bersangkutan. Secara internasional disepakati bahwa prinsip dasar penerapan etik penelitian kesehatan adalah :
1. Respect for person
2. Beneficience & non maleficience
3. Justice

Etika merupakan seperangkat prinsip yang harus dipatuhi agar pelaksanaan suatu kegiatan oleh seseorang atau profesi dapat berjalan secara benar (the right conduct), atau suatu filosofi yang mendasari prinsip tersebut. Etika adalah aturan yang dipegang oleh peneliti dalam melakukan riset dan oleh karenanya para peneliti harus mengetahui dan paham tentang etika ini sebelum melakukan penelitian.

Aspek isu etik dalam penelitian terdiri dari nilai individu peneliti terkait kejujuran dan integritas personal, serta tanggung jawab terhadap subyek riset terkait izin, kerahasiaan, keanoniman, dan kesopanan. Subyek penelitian kemudian dimaknai bukan hanya sebagai hal yang menunjang keberhasilan penelitian, melainkan juga sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan moral peneliti.

Etika riset dilandaskan dalam prosedur yang terdiri dari penghormatan terhadap harkat dan martabat manusia, penghormatan terhadap privasi dan kerahasiaan subyek penelitian, keadilan dan inklusivitas, serta memperhitungkan manfaat dan kerugian yang ditimbulkan penelitian. Ketika peneliti melakukan pelanggaran terhadap etika ini, sanksi yang dikenakan disesuaikan dengan bentuk pelanggaran. Namun pelanggaran yang terjadi biasanya berupa plagiarisme ataupun penipuan saintifik oleh akademisi yang berakibat pada pencopotan gelar, penarikan artikel ilmiah, dan bahkan pencabutan hak-hak akademisi lainnya.

Penelitian bidang kesehatan pada awalnya merupakan penelitian bidang kedokteran, umumnya dilakukan oleh para dokter pada diri sendiri atau anggota keluarganya serta orang-orang yang terdekat. Pada waktu dulu hal ini dilakukan tanpa terjadi masalah mengganggu.

Etik penelitian kedokteran mulai menjadi perhatian karena mulai menimbulkan masalah antara lain akibat adanya pelanggaran hak individu atau subyek manusia dan kesadaran masyarakat yang makin meningkat.

Untuk itu PMN RS Mata Cicendo memandang perlu segera dibentuknya KEPK untuk menjawab hal diatas, juga sejalan dengan salah satu Visi nya yaitu menyelenggarakan penelitian dan pengembangan serta penapisan ilmu dan teknologi di bidang kesehatan mata.

Visi dan Misi

Visi dan Misi Tahun 2020 - Tahun 2024

Visi

To Be Excellence Eye Care 

Misi

Eye Care for Everyone Seeing Better World 

• Eye care:
Memberikan pelayanan kesehatan mata
• For everyone:
Pelayanan yang tidak diskriminatif, kepada seluruh warga masyarakat
Seeing Better world:
Melihat dunia dengan lebih baik

Visitor

Today39
Yesterday2349
This week8554
This month44180
Total1237927

Who Is Online

7
Online

Instalasi SIMRS 2022 © Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. All Rights Reserved.