Jangan Percaya HOAX Seputar Mata ini ! PDF Cetak E-mail

Beberapa mitos dan ulasan fakta seputar kesehatan mata yang beredar di masyarakat

PENYAKIT MATA MERAH DISERTAI KOTORAN MATA (BELEKAN) DAPAT MENULAR HANYA DENGAN CARA BERPANDANGAN MATA.

Fakta : TIDAK BENAR

Penyakit mata merah disertai kotoran (konjungtivitis/keratonjungtivitis) tidak dapat menular hanya dengan pandangan mata. Penyakit ini menular melalui kontak langsung, seperti memakai handuk atau sapu tangan penderita yang diusapkan ke wajah/mengenai mata,menggosok mata dengan tangan kita yang telah terkontaminasi kotoran mata penderita.

 

AIR REBUS DAUN SIRIH DAPAT MEMBERSIHKAN MATA DAN MENGOBATI SEMUA PENYAKIT MATA MERAH

Fakta : TIDAK BENAR

Daun sirih memang dikenal memiliki khasiat sebagai antiseptik. Untuk mendapatkan manfaatnya harus diolah terlebih dahulu dengan takaran konsentrasi yang tepat dan terjamin sterilisasinya sehingga aman untuk digunakan. Merebus sendiri daun sirih dan menggunakan langsung ke dalam mata sangat tidak dianjurkan, Karena kita tidak dapat mengukur konsentrasinya secara tepat. Ini dapat berakibat toksik pada mata dan memperparah kondisi penyakit mata sebelumnya. Penting juga untuk diperhatikan bahwa pengobatan mata merah sangat spesifik tergantung penyebabnya, sehingga memerlukan pemeriksaan oleh dokter mata sebelum diberikan pengobatan.

KATARAK DAPAT DISEMBUHKAN TANPA OPERASI

Fakta : TIDAK BENAR

Katarak adalah kekeruhan lensa mata. Katarak menghalangi masuknya cahaya pada retna sehingga dapat mengakibatkan turunnya tajam penglihatan. Kekeruhan pada lensa mata tidak dapat dihilangkan, kecuali dengan jalan operasi. Operasi bertujuan untuk mengeluarkan lensa mata yang telah keruh.

KATARAK HANYA DIDERITA OLEH ORANG TUA

Fakta : TIDAK BENAR

Katarak tidak hanya diderita oleh orang tua saja, meskipun katarak pada orang tua (katarak senilis) adalah jenis katarak yang paling banyak. Menurut urutannya, katarak dapat terjadi pada bayi baru lahir,katarak kongenital yang biasanya terjadi karena proses infeksi selama dalam kandungan seperti infeksi TORCH (pada ibu hamil), katarak pada masa anak-anak (katarak juvenile),katarak pada dewasa muda (katarak presenil).

Menurut penyebabnya bisa terjadi karena faktor infeksi,keturunan (genetic), trauma (kecelakaan seperti terbentur/tertusuk atau proses degenerasi (penuaan).

OPERASI KATARAK HARUS DITUNDA SAMPAI DENGAN KATARAK MENJADI MATANG

Fakta : TIDAK BENAR

Dengan kemajuan Teknik bedah katarak modern yang sangan pesat, katarak dapat dioperasi tanpa harus menunggu matang. Saat katarak sudah mempengaruhi dan mengganggu aktifitas sehari-hari, membuat penglihatan tidak cukup jelas untuk melakukan hal-hal yang harus atau yang anda inginkan, sudah merupakan alasan yang cukup bagi anda untuk mempertimbangkan operasi katarak.

DONOR MATA DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MEMPERBAIKI SELURUH KEBUTAAN MATA

Fakta : TIDAK BENAR

Dalam ilmu kedokteran yang disebut sebagai donor mata adalah donor kornea. Kornea adalah bagian mata yang paling depan yang tampak sebagai bagian hitam mata (sebenarnya merupakan lapisan jernih) yang punya fungsi membiaskan dan menurunkan cahaya masuk ke dalam. Agar mata dapat melihat dengan baik, kornea harus dalam keadaan jernih. Donor kornea bukan merupakan donor mata. Donor kornea bertujuan untuk memperbaiki fungsi penglihatan hanya pada pasien yang mengalami kebutaan akibat kekeruhan/kerusakan ornea saja. Tidak dapat memperbaiki semua jenis kebutaan mata.

OPERASI CANGKOK KORNEA MERUPAKAN HAL YANG TABU DAN TIDAK DIPERBOLEHKAN AGAMA

Fakta : TIDAK BENAR

Lima agama yang ada di Indonesia, membolehkan umatnya untuk melakukan cangkok kornea. Agama Islam melalui fatwa (13 Juni 1979), agama Katolik melalui pernyataan Paus Yohanes Paulus 1 (6 September 1978), agama Protestan melalui pernyataan Dirjen Bimas Kristen Protestan Departemen Agama RI, agama Hindu sesuai dengan tujuan ajaran Hindu yaitu Jagadhita (kebahagiaan mahluk sedunia) dan agama Budha menyebutkan bahwa berdonor kornea mata merupakan Dana Paramita (Dirjen Bimas Hindu Budha RI)

KELAINAN MATA PLUS HANYA TERJADI PADA ORANG TUA

Fakta : TIDAK BENAR

Kelainan kacamata plus tidak hanya terjadi pada orang tua tetapi dapat juga diderita oleh anak-anak atau dewasa. Ada 2 jenis kelainan kacamata yang harus diberikan kacamata plus yaitu kelainan presbiopia dan hipermetropia.

Presbiopia (mata tua) biasanya terjadi saat memasuki usia 40 tahun, dimana fungsi penglihatan dekat mulai menurun, terjadi kesulitan membaca dekat dan melakukan pekerjaan dekat lainnya. Penderita yang mulai mengalami presbiopia bila membaca harus dijauhkan dan kesulitan memasukan benang kedalam jarum. Kacamata plus yang dibuutuhkan hanya untuk tujuan membaca dekat atau melakukan aktifitas dekat, sedangkan saat melihat jauh tidak dibutuhkan kacamata.

Hipermetropia adalah kelainan refraksi yang ditandaioleh kesulitan melihat dekat dan jauh. Sering ditemukan pada masa kanak-kanak atau pada bayi dan anak yang telah dilakukan tindakan operasi katarak sebelum dilakukan penanaman lensa mata. Kelainan ini tidak dibatasi oleh umur dan bukan kelainan akibat proses penuaan.

 

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.nike huarache pas cher air jordan femme Scarpe Air Jordan air jordan femme jordan scarpe scarpe jordan cheap air max uk