Pengukuran Tajam Penglihatan dgn Smartphone (PEEK Acuity) PDF Cetak E-mail

RSMC (17/01) Gangguan penglihatan pada anak masih merupakan masalah kesehatan di dunia. Prevalensi kebutaan pada anak terutama lebih tinggi di negara berkembang. Tajam penglihatan merupakan parameter yang penting dalam suatu kondisi klinis mata.

Pemeriksaan tajam penglihatan merupakan suatu pemeriksaan yang umum dilakukan di klinik kesehatan umum dan mata, atau untuk penapisan gangguan penglihatan anak sekolah. Berdasarkan strategi WHO, untuk negara berkembang diperlukan alat untuk pemeriksaan tajam penglihatan yang sederhana, terjangkau namun berkualitas tinggi agar pemeriksaan tajam penglihatan dapat dilakukan dengan mudah.

Berkembangnya teknologi telepon selular telah meluncurkan aplikasi pada smartphone yang dapat mengukur tajam penglihatan, yaitu PEEK Acuity. Aplikasi Portable Eye Examination Kit (PEEK) Acuity yang diluncurkan pada system Android merupakan aplikasi yang didesain mengikuti standar kartu ETDRS untuk pengukuran tajam penglihatan dengan ketepatan dan reabilitas yang lebih baik dibandingkan Kartu Snellen, dimana dapat ditampilan dalam notasi Snellen metric (6/6) dan imperial (20/20) atau satuan logMAR.

Pasien diminta untuk menunjukan arah dari kaki huruf E pada layer dan pemeriksa mengusap layer sentuh smartphone sesuai dengan arah yang ditunjuk pasien.

Dengan aplikasi ini didapatkan manfaat langsung ke subjek adalah mendapatkan pelayanan kesehatan berupa pemeriksaan tajam penglihatan yang akurat. Manfaat secara umum adalah jika pemeriksaan tajam penglihatan menggunakan smartphone (PEEK acuity) hasilnya sesuai dengan pemeriksaan standar ETDRS, maka pemeriksaan menggunakan PEEK acuity dapat dilakukan secara luas di semua pelayanan kesehatan maupun secara mandiri untuk menilai tajam penglihatan sehingga meningkatkan kewaspadaan terhadap gangguan penglihatan.

Hal diatas adalah rangkuman Tesis dari dr. Dewi Kania Maemunah dengan judul “Validasi Pengukuran Tajam Penglihatan Menggunakan Smartphone (Peek Acuity) pada Anak Usia Sekolah (7 – 15 Tahun)” untuk memenuhi salah satu syarat ujian guna memperoleh gelar dokter spesialis mata di Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unpad / PMN RS Mata Cicendo, dengan dibimbing oleh Aldiana Halim, dr, SpM, MSc dan Dr. Feti Karfiati, dr, SpM(K), M.Kes.

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.