PENTING !! COMPUTER VISION SYNDROME (CVS) PDF Cetak E-mail

RSMC (02/08) Hati-hati mungkin anda terkena Computer Vision Syndrome (CVS) yaitu keluhan mata dan penglihatan akibat bekerja menggunakan komputer dalam waktu lama.

Gejala CVS antara lain:

  • Mata merah, berair atau merasa kering
  • Kelelahan (mata letih, kelopak mata atau dahi terasa berat)
  • Sulit untuk fokus
  • Sakit kepala

APA PENYEBABNYA?

CVS disebabkan oleh frekuensi berkedip yang menurun akibat menggunakan komputer dalam waktu lama tanpa istirahat dan posisi komputer serta pengaturan cahaya yang salah.

BAGAIMANA MENGATASINYA?

Selama menggunakan komputer istirahatlah setiap 10 menit setiap jamnya.

Alihkan pandangan dari monitor setiap 15 menit melihat objek yang jauh sekitar 10 detik, atau lakukan variasi kegiatan untuk menghindari melihat layar komputer terus menerus (seperti sesekali berdiri, menelpon atau berbicara dengan rekan).

Atur pencahayaan ruangan jangan terlalu terang dengan memasang tirai pada jendela, menggunakan lampu pijar yang tidak terlalu terang atau memakai lampu meja, hindari pantulan sinar pada layar computer dan bila perlupasang filter pada layar komputer.

ATUR POSISI KOMPUTER DAN ANDA

Usahakan posisi anda nyaman dan rileks. Gunakan kursi yang dapat diatur posisinya dan disertai sandaran.

Sebaiknya duduk tegak (90 derajat) dengan posisi keyboard sedikit lebih rendah dari siku lengan (100 derajat)

Layar komputer sebaiknya berjarak 59-75 cm dari mata (lebih jauh dari jarak baca) dengan posisi layar diatur dengan sedikit miring ke belakang 5-20 derajat dari posisi tegak dan bagian atas layar komputer sejajar atau sedikit lebih rendah dari ketinggian horizontal mata.

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.