KEBUTAAN AKIBAT ALKOHOL PDF Cetak E-mail

RSMC (01/08) Saat ini marak para alkoholik membeli minuman beralkohol yang telah tercampur/dicampur methanol ilegal dengan harga yang jauh lebih murah. Methanol dikenal juga dengan alkohol, alkohol kayu atau spiritus kayu, dengan susunan kimia CH3OH erupakan salah satu jenis alkohol yang beracun, mudah terbakar dan tidak berwarna.

Methanol pada suhu kamar biasanya digunakan/dimanfaatkan untuk pelarut industri, anti freeze dan bahan bakar

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Methanol dapat mengakibatkan keracunan melalui dua mekanisme:

  • Masuk ke dalam tubuh melalui pencernaan, pernafasan atau diabsorpsi lewat kulit
  • Melalui proses toksikasi

Methanol dalam tubuh akan dimetabolisir menjadi asam format oleh enzim alkohol dehidrogenase di dalam hati. Asam format merupakan zat beracun yang menyebabkan gejala hipoksia (kekurangan oksigen) di tingkat selular dan juga menyebabkan asidodid metabolic. Salah satu gejala yang diakibatkan keracunan methanol adalah kerusakan mata yang dapat mengakibatkan KEBUTAAN PERMANEN.

APA YANG HARUS DILAKUKAN BILA TERJADI KERACUNAN METHANOL?

Harus segera dibawa ke rumah sakit, terapi yang akan dilakukan adalah perawatan suportif, pencegahan absorpsi methanol lebih lanjut dengan cuci lambung atau pemberian sodium bikarbonat serta pemberian antidotum. Steroid dosis tinggi melalui injeksi intravena, dapat diberikan setelah terapi awal diberikan.

Segeralah berobat ke rumah sakit apabila setelah meminum minuman beralkohol terjadi penglihatan buram pada kedua mata.

APA YANG TERJADI APABILA TERLAMBAT DIBAWA KE RUMAH SAKIT?

Keracunan metanol dapat mengakibatkan kebutaan permanen. Kemungkinan penglihatan kembali normal sangat kecil apabila terlambat ditangani, karena akan terjadi kerusakan saraf mata progresif.

Dalam waktu +/- 3 bulan syaraf mata menjadi atofi dan tidak berfungsi lagi.

 

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.