Pupil Putih pada Mata Anak bukan "GIFT" PDF Cetak E-mail

RSMC (27/07). Rujukan Nasional Rekonstruksi Okuloplasti dan Onkologi PMN RS Mata Cicendo, melalui klinisi Dr. Shanti F Boesoirie, dr, SpM(K), M.Kes kali ini membahas Tumor Mata pada Anak melalui Live Talkshow Radio.

Dr. Shanti menyampaikan bahwa Tumor adalah segala benjolan yang tidak pada tempatnya, namun yang ganas disebut kanker. Tumor Mata adalah segala benjolan yang ada di area mata, dan dapat bersifat ganas bahkan mengancam nyawa, tidak hanya penglihatan.

Tumor dapat terjadi pada anak maupun dewasa, bisa karena faktor genetik, mutasi gen, nutrisi maupun lainnya.

Saat ini terus didengungkan “White Pupil Campaign”, yaitu pupil yang biasa harusnya hitam, ini berwarna putih. Bila kita lihat dalam gelap, lalu di senter maka akan menyala seperti kucing, untuk itu White Pupil ini sering juga disebut Mata Kucing. Dan ini harus segera ditangani karena berdampak pada kebutaan bahkan kematian.

Banyak orang tua beranggapan dapat “gift” karena anaknya mendapat anugerah matanya berwarna putih. Ketika dijelaskan bahwa anak terkena pupil putih,, banyak orang tua yang mundur dan malah mencari pengobatan alternatif sampai mengancam kehidupannya, karena dapat menyebar ke kepala, dan bagian tubuh lainnya.

Sebelum dilakukan tindakan pada penderita Tumor Mata ini, biasanya dilakukan pemeriksaan USG, CT Scan, Patologi Anatomi, dan bila ternyata tumor ganas, maka harus segera diambil tindakan.

Peran Psikolog di PMN RS Mata Cicendo berperan dalam mempersiapkan mental calon pasiennya sebelum dilakukan operasi Tumor Mata.

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.