OCT Teknologi Terkini untuk menunjang pemeriksaan Retina & Glaukoma PDF Cetak E-mail

Bandung (09/06). Peranan teknologi diagnostik kesehatan mata tidak dapat dielakan lagi sudah menjadi kebutuhan para klinisi guna menunjang pemeriksaan pada pasien agar didapat akurasi serta penanganan yang tepat. Optical Coherence Tomography atau OCT di PMN RS Mata Cicendo sudah menjadi kebutuhan khususnya bagi Dokter Spesialis Mata sub spesialis Vitreoretina maupun Glaukoma.

Kegiatan Ilmiah mengenai OCT kali ini disajikan dalam format tele-oftalmologi atau webinar yang diikuti oleh RSUD jejaring terpilih dan alumni Ilmu Kesehatan Mata FK Unpad, dengan pembicara dr. Arief Sjamsulaksan Kartasasmita, SpM(K), M.Kes, PhD ahli Vitreoretina PMN RS Mata Cicendo yang juga Wakil Rektor Universitas Padjadjaran dan Dr. dr. Andika Prahasta Gandasubrata, SpM(K), M.Kes ahli Glaukoma PMN RS Mata Cicendo yang juga Kepala Departemen Ilmu Kesehatan Mata FK Unpad.

Optical coherence tomography atau sering disebut OCT adalah teknik pencitraan diagnostik medis yang memanfaatkan fotonik (photonics) dan serat optik untuk mendapatkan gambar dan karakterisasi jaringan mata. Pada tomografi baru ini, saraf optik dan struktur retina digambarkan pada tingkat resolusi yang sangat tinggi. Lapisan anatomi retina dapat dibedakan dan ketebalan retina dapat diukur.

Materi lengkap dapat diunduh dengan judul OCT in glaucoma patients : what we have to know ? dan Retinal Diagnosis with Optical Coherence tomography.

Kegiatan ini didukung pula pihak kedua dalam penyelenggaraanya sebagai wujud kemajuan dunia kesehatan mata, serta mendapat pengawasan dari Unit Pengendali Gratifikasi serta Bagian Diklat dalam pelaksanaannya.

 

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.