SAATNYA MELIRIK REKAM MEDIS ELEKTRONIK – PMN RS MATA CICENDO PDF Cetak E-mail

RSMC (25/04/2017).  Kemajuan teknologi informasi dimanfaatkan oleh manajemen rumah sakit untuk pengembangan sistem informasi manajemen rumah sakit (SIMRS) yang terintegrasi. Tujuan utama SIMRS adalah efisiensi dan kecepatan pelayanan serta untuk pengambilan keputusan direksi, baik menyangkut keputusan terhadap masalah logistik, administrasi dan keuangan. Kemajuan ini telah melahirkan paradigma baru dalam manajemen informasi kesehatan termasuk didalamnya manajemen rekam medis elektronik (digital) yang telah merubah pola pikir dan pola tindak para praktisi profesi rekam medis, para ahli manajemen informasi kesehatan, para praktisi hukum dan para arsiparis (profesi kearsipan).
Sabtu, 22 April 2017 menjadi pembahasan menarik pada Seminar Rekam Medis dengan tema “MENGENAL REKAM MEDIS ELEKTRONIK DALAM MENUNJANG PELAYANAN PRIMA DI RUMAH SAKIT” dengan narasumber Ketua DPD PORMIKI Jawa Barat Tedy Hidayat, AMd PerKes, S.ST RMIK, MMRS dan Chandra Hendriyani, S.Sos,  M.Si staf Pengajar Marketing & Komunikasi Excellent Service Management Taruna Bakti.

Rekam medis merupakan kegiatan yang diwajibkan dalam penyelenggaraaan pelayanan kesehatan sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan yang menjadi dasar hukum pelaksanaan kegiatan rekam medis. Dasar hukum pelaksanaan rekam medis elektronik disamping peraturan perundang-undangan yang mengatur mengenai rekam medis, lebih khusus lagi diatur dalam Permenkes No 269 Tahun 2008 tentang  Rekam Medis pasal 2 : (1) Rekam medis harus dibuat secara tertulis lengkap, dan jelas atau secara elektronik, (2) Penyelenggaraan rekam medis dengan menggunakan teknologi informasi elektronik diatur lebih lanjut dengan peraturan tersendiri
Dapat disimpulkan beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam pengamanan rekam medis elektronik yaitu:

  • Siapa saja yang mendapat akses ke sistem rekam medis elektronik
  • Siapa yang diijinkan untuk melakukan instalasi program
  • Siapa yang boleh memperbaiki sistem jika terjadi kerusakan
  • Ketentuan tata cara perubahan data medis jika terjadi kesalahan memasukkan data
  • Password bagi operator (password yang berbeda bagi otentifikasi yang berbeda)
  • Tidak menggunakan komputer bersamaan dengan orang lain
  • Lakukan logout sebelum meninggalkan komputer
  • Penggunaan digital signature/elektronik signature

 

Seminar dalam rangkaian Ulang Tahun PMN RS Mata Cicendo ini mendapat tanggapan dan antusiasme dari peserta yang terdiri dari para praktisi rekam medis.  

Selanjutnya pada Sabtu, 29 April 2017 akan diadakan Seminar IT dengan tema “Pelayanan Rumah Sakit Berbasis IT” di PMN RS Mata Cicendo (peminat dapat menghubungi Fitri via WA: 08562358235) tanpa dipungut biaya (peserta terbatas).

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.