Deteksi Dini Kanker Mata Retinoblastoma pada Anak PDF Cetak E-mail

Retinoblastoma masih merupakan masalah di negara berkembang, termasuk di Indonesia. Masalah utama adalah keterlambatan diagnosis, hal ini berkaitan dengan kendala kultur dan sosioekonomi, maupun kurangnya informasi di level layanan kesehatan primer. Masalah penting lainnya adalah buruknya sistem rujukan ke unit onkologi, keterlambatan ini dapat disebabkan oleh sistem kesehatan yang kurang baik atau kurangnya pengetahuan mengenai pusat retinoblastoma. Masalah ketiga yang biasa terjadi adalah minimnya program retinoblastoma, seperti kurangnya sarana pelatihan,dan peningkatan pengetahuan terkait retinoblastoma. tidak terdapatnya tim multidisiplin, dan dukungan administrasi rumah sakit yang dibutuhkan untuk keberhasilan program retinoblastoma.

Profesi keperawatan sebagai salah satu tim dalam pelayanan kesehatan memegang peranan penting dalam deteksi dini maupun penatalaksanaan retinoblastoma. Penurunan fungsi penglihatan dapat mengganggu pemenuhan kebutuhan dasar yang menjadi kajian keperawatan. Smeltzer & Bare (2004). Menjelaskan pada pasien / orangtua pasien yang didiagnosis menderita renoblastoma. bagai harus menghadapi cara belajar hidup dengan kondisi kesehatan kronik. Perawat dapat membantu pasien/orangtua pasien retinoblastoma dengan pemberian informasi yang dibutuhkan untuk memahami penyakit, penanganan dan tanggung jawab mereka dalam penanangannya. Partisipasi pasien / orangtua pasien merupakan keharusan karena keberhasilan program pengobatan dan pengontrolan komplikasi, sangat tergantung pada kepatuhan pasien dalam program penatalaksanaannya, sehingga di perlukan suatu Edukasi kepada pasien yang baik dan terstruktur baik itu pada pasien yang di rawat jalan atau pun pasien yang di rawat inap berupa perencanaan pulang (discarge Planning) untuk mendapatkan pemahaman pasien dan keluarga yang optimal.

Menyikapi hal tersebut Pusat Mata Nasional RS Mata Cicendo Bandung mengadakan kegiatan bertajuk Seminar dan Workshop Keperawatan Deteksi Dini Kanker Mata ( Retinoblastoma ) pada anak yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 11 Maret 2017 bertempat di Gedung B lantai 4 RS Mata Cicendo Bandung.

Acara tersebut dibuka oleh Direktur Utama PMN RS Mata Cicendo dr. Irayanti, SpM(K), MARS, dalam sambutannya beliau berharap agar dengan kegiatan ini perawat dapat melakukan pemeriksaan dan deteksi dini kanker mata ( retinoblastoma ) pada anak, sehingga jika ditemukan kasus kanker mata dapat segera dilakukan penanganan dengan cepat agar peluang kesembuhan bisa lebih besar.

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.