+62 22 4231280  +62811 2001 005

Bijak Menggunakan Lensa Kontak (Bagian II)

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Tips Memilih Lensa Kontak
Sumber : disarikan dari Majalah Mata PMN RS Mata Cicendo Edisi 13)

Hasil gambar untuk langkah memakai lensa kontak

Sebelum memilih lensa kontak, periksakanlah terlebih dulu kondisi mata anda ke Dokter Mata, ini penting karena ada beberapa kondisi (kontra indikasi) yang membuat seseorang sama sekali tidak boleh memakai lensa kontak, seperti alergi atau infeksi yang masih aktif atau refkel mengedip terganggu (penderita belpasi atau kelumpuhan pada syaraf wajah), sehingga mata cenderung kering.

Dokter Mata akan menentukan lensa kontak yang sesuai, tergantung kondisi mata, air mata, dan tujuannya. Jika memilih soft lens, biasanya dokter menyarankan dari jenis daily disposable.

Jika ada tanda-tanda masalah disarankan untuk mengubah lensa atau mengatur ulang jadwal pemakaian lensa kontak, serta periksakan mata dan lensa kontak setiap 6 bulan sekali ke dokter mata.

Jangan sembarangan membeli lensa kontak. Belilah lensa kontak disertai resep dokter agar ukuran lebih tepat dan tidak mengakibatkan komplikasi.\

Ukuran Minus terbatas. Dari produsennya, lensa kontak RGP biasanya dibatasi hingga minus 25, sementara soft lens hanya tersedia sampai minus 10.

Bagi Mata sensitif, warna pada softlens bisa menyebabkan iritasi. Secara umum, softlens berwarna hanya baik digunakan bagi mata yang normal untuk menunjang penampilan. Waspadai gejala mata merah, gatal, berair, rasa tak nyaman, mata terasa sakit, dan penurunan tajam penglihatan.

Bersihkan RGP atau Softlens secara teratur. Cara membersihkan RGP sama dengan softlens, hanya cairannya saja yang berbeda. Saat ini banyak cairan all in one, yaitu sekaligus pencuci, perendam, desinfektan, hingga lubrikan. Untuk mata sensitif dapat diganti dengan pembilas tanpa bahan pengawet.

Kensa kontak tidak hanya berukuran kecil dan mudah hilang, namun halus dan relatif mudah rusak. Beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya :

  • Jangan mengambil lensa kontak dengan kuku;
  • Letakan lensa kontak dengan posisi tepat dengan bagian mangkuk jangan berubah;
  • Dua buah lensa kontak jangan tertukar untuk tiap mata;
  • Jangan menggunakan lensa kontak ketika tidur karena bila jenis lensa kontak tidak tepat berisiko menghambat aliran oksigen ke kornea yang dapat menyebabkan peradangan hebat hingga potensi menimbulkan kerusakan permanen;
  • Cucilah tangan dan keringkan sebelum menyentuh lensa kontak;
  • Perhatikan bila terjadi goresan pada lensa kontak;
  • Letakan lensa kontak pada ujung jari dengan posisi mangkuk menghadap atas;
  • Tahan kelpoak mata agar tetap terbuka, lalu tempelkan perlahan pada bola mata;
  • Jika sudah menempel dengan baik, kedipkan mata kea rah bawah agar posisi lensa kontak tepat pada permukaan kornea mata anda.

 

Visi dan Misi

Visi dan Misi Tahun 2020 - Tahun 2024

Visi

To Be Excellence Eye Care 

Misi

Eye Care for Everyone Seeing Better World 

• Eye care:
Memberikan pelayanan kesehatan mata
• For everyone:
Pelayanan yang tidak diskriminatif, kepada seluruh warga masyarakat
Seeing Better world:
Melihat dunia dengan lebih baik

Visitor

Today1833
Yesterday2302
This week12053
This month33573
Total1227320

Who Is Online

13
Online

Instalasi SIMRS 2022 © Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. All Rights Reserved.