Hari Anak Indonesia PDF Cetak E-mail
Selain Hari Ayah dan juga Hari Ibu, Indonesia dan juga dunia memiliki hari besar dan penting yang disebut Hari Anak, tujuan ditetapkannya peringatan ini untuk menghargai hak hak kepada anak seluruh dunia, mengingat banyak sekali kasus-kasus kekerasan dan pelecehan yang selama ini terjadi pada anak-anak termasuk di negara kita Indonesia. Kasus-kasus mengerikan ini terus meningkat dalam setiap tahunnya, dan menjadi momok yang menakutkan bagi adik-adik serta anak kita. Untuk itu pada tahun ini Hari Anak Indonesia bertemakan “Akhiri Kekerasan pada Anak”.

 

Anak merupakan aset penting bagi sebuah bangsa, sehingga pendidikan dan pengasuhan yang diberikan harus mampu meningkatkan kualitas anak dimasa mendatang. Pendidikan harus dinomorsatukan, akan tetapi pola pendidikan yang diberikan harus mengarah pada potensi yang kita punyai. Artinya, bagaimana membangun nilai-nilai kerja keras, optimisme pada anak, bagaimana membangun karakter yang siap tahan banting serta berani bersaing. Selain pendidikan di bangku sekolah, aspek kesehatan sang anak juga sangat penting untuk menunjang semua hal itu.

Berikut adalah ciri-ciri anak sehat, tidak hanya dilihat dari segi fisik, namun segi psikis dan segi sosialisasi. Menurut Departemen Kesehatan RI ciri anak sehat ada 9, yaitu:

* Ciri anak sehat, ia akan tumbuh dengan baik,  yang dapat dilihat dari naiknya berat dan tinggi badan secara teratur dan proporsional.

* Tingkat perkembangannya sesuai dengan tingkat umurnya.

* Tampak aktif atau gesit dan gembira.

* Mata bersih dan bersinar.

* Anak sehat nafsu makannya baik.

* Bibir dan lidah tampak segar.

* Pernapasan tidak berbau.

* Kulit dan rambut tampak bersih dan tidak kering.

* Ciri anak sehat lainnya, mudah menyesuaikan diri dengan lingkungan.

Secara sederhana, ciri anak sehat dilihat dari segi fisik, psikis dan sosialisasi adalah:

* Dilihat dari segi fisik ditandai dengan sehatnya badan dan pertumbuhan jasmani yang normal.

* Segi psikis, anak yang sehat itu jiwanya berkembang secara wajar, pikiran bertambah cerdas, perasaan  bertambah peka, kemauan bersosialisasi baik.

* Dari segi sosialisasi, anak tampak aktif, gesit, dan gembira serta mudah menyesuaikan diri dengan lingkungannya.

(sumber : http://promkes.depkes.go.id/2016/07/24/4872/)
 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.