+62 22 4231280  +62811 2001 005

Sekilas bersama Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, SpM(K)

Nonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan BintangNonaktifkan Bintang
 

Sebagai Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Mata (Perdami) Pusat dan juga sebagai Utusan Khusus Presiden RI untuk MDGs, Prof. Dr. dr. Nila F Moeloek, SpM(K) yang pada beberapa waktu lalu berkunjung ke PMN RS Mata Cicendo menyampaikan bahwa seluruh anggota Perdami mempunyai tugas dan wajib hukumnya untuk membuat orang “melihat”. Artinya, dokter mata harus melakukan upaya-upaya preventif, kemudian promotif untuk mata. “Jadi seperti kegiatan peringatan World Sight Day, jelas suatu promosi bagaimana menjaga kesehatan mata”, katanya.

Prof Nila tidak memungkiri katarak tidak bisa dicegah karena ada faktor usia. Tetapi secara preventif katarak itu bisa direhabilitasi. Jangan sampai terlambat, sebab kalau terlambat tidak bisa lagi direhabilitasi.

Secara dini, misalnya anak-anak dengan kelainan refraksi, karena anak-anak mempunyai kurun waktu, dia bisa melihat kembali. Artinya, mata anak-anak masih berkembang, tidak begitu lahir bisa melihat. Saat bayi lahir melihat cahaya, terang-gelap. Sempurnanya di usia 5 – 6 tahun.

Kita harus berupaya preventif. Caranya melalui pola hidup sehat. Di negara maju, katarak diderita oleh lansia, berusia 60 tahunan, anggap saja usianya sampai 80 tahun. Jadi masalah hidup dialami selama 20 tahun.

Di Indonesia, banyak yang masih berusia produktif, 46 tahun sudah menderita katarak, usianya sampai 72 tahun. Jadi permasalahan hidupnya menjadi lebih panjang. “Saya salut, angkat topi untuk dokter mata yang melakukan bakti sosial katarak, apalagi sampai pelosok di luar Jawa”.

(sumber : Majalah Mata edisi 03/2013, PMN RS Mata Cicendo)

 

Visi dan Misi

Visi dan Misi Tahun 2020 - Tahun 2024

Visi

To Be Excellence Eye Care 

Misi

Eye Care for Everyone Seeing Better World 

• Eye care:
Memberikan pelayanan kesehatan mata
• For everyone:
Pelayanan yang tidak diskriminatif, kepada seluruh warga masyarakat
Seeing Better world:
Melihat dunia dengan lebih baik

Visitor

Today41
Yesterday2218
This week7959
This month29479
Total1223226

Who Is Online

7
Online

Instalasi SIMRS 2022 © Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. All Rights Reserved.