Pengobatan Alternatif Katarak PDF Cetak E-mail

Pengobatan alternatif, banyak yang menyebutkannya juga dengan istilah pengobatan tradisional, komplementer, non-konvensional, holistic, alamiah atau natural. Pengobatan cara ini sebenarnya telah diakui oleh Badan Kesehatan Dunia (WHO) sebagai salah satu ranah pelayanan kesehatan, demikian pula di Indonesia secara formal dan konstitusional telah diakui melalui undang-undang No. 36/2009. Banyak jenis pengobatan tradisional seperti pengobatan tradisional keterampilan manual, pengobatan tradisional ramuan dan pengobatan tradisional supranatural.

Pelayanan kesehatan alternatif yang banyak ditemui di masyarakat untuk pengobatan katarak hendaknya dihindari karena apa yang dilakukan kemungkinan dengan cara yang puluhan tahun yang lalu pernah dilakukan oleh tenaga medis dalam pengobatan katarak, namun kemudian diketahui bahwa cara pengobatan seperti itu menimbulkan banyak komplikasi sehingga kemudian memicu para ahli untuk menemukan teknik baru dalam pengobatan katarak. Perkembangan pengobatan katarak telah melalui banyak tahap sampai akhirnya ditemukan cara pembedahan yang saat ini dilakukan.

Hendaknya masyarakat berhati-hati dalam memilih pengobatan alternatif terhadap penyakit mata khususnya katarak, untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Sampai dengan saat ini pengobatan alternatif belum dapat dipertanggungjawabkan mengingat katarak hanya dapat diobati melalui pembedahan yang tentu saja hanya dapat dilakukan di rumah atau klinik mata dengan fasilitas pembedahan.

Beberapa kasus juga ditemukan penggunaan cairan tertentu untuk mencuci atau menetesi mata yang sakit yang diberikan oleh tempat pengobatan alternatif, hal inipun perlu diwaspadai mengingat cairan atau obat tersebut harus memenuhi standar, kalau tidak memenuhi standar dapat berakibat yang lebih buruk.

Yang penting bagi pasien adalah mengetahui apakah klinik pengobatan sudah mengantongi Surat Terdaftar Pengobat Tradisional atau Surat Ijin Pengobat Tradisional yang dikeluarkan oleh Dinas Kesehatan setempat dan mencantumkannya pada papan nama, memberikan informasi pengobatan yang akan dilakukan dan mempunyai catatan jenis obat yang diberikan.

(sumber : Majalah MATA, PMN RS Mata Cicendo Edisi No. 02/2013, oleh Dr. Syumarti, SpM(K), MSc CEH)

 

 


Copyright © 2012 RS Mata Cicendo-Bandung, All Rights Reserved.